HEADLINEHUKUM DAN KRIMINALLOMBOKSUMBAWA

Dana Hibah Koni NTB, Inspektorat Temukan Kerugian Negara Ratusan Juta

RealitasPost – Inspektorat Provinsi NTB menemukan kerugian negara pada penggunaan dana hibah yang diterima Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB. Temuan itu sudah ditindaklanjuti dengan pengembalian ke kas daerah.

Rincian kerugian negara itu sebesar Rp 256.969.215, menjadi temuan setelah proses audit yang dilakukan Inspektorat Provinsi NTB sekitar Mei 2019 lalu. Audit itu merupakan tindaklanjut dari koordinasi dengan Polda NTB yang sebelumnya sempat masuk melakukan penyelidikan. Penyidik saat itu mengusut penggunaan dana Porprov tahun 2018 senilai Rp 10 miliar.

‘’Untuk temuan potensi kerugian negara dari penggunaan dana hibah Pemda dalam kegiatan Porprov 2018 Rp 256.969.215. Temuan itu sudah disetor ke kas daerah,’’ kata Inspektur Provinsi NTB Ibnu Salim SH.,M.Si kepada wartawan, Senin (15/7/2019).

Rincian temuan itu terkait penggunaan dana yang diduga bermasalah pada sejumlah item kegiatan. Seperti akomodasi, konsumsi, hingga pembayaran jasa wasit.

Selain soal dana hibah, jadi temuan lain pada item bantuan dari Pemda Kabupaten dan Kota untuk penyelenggaraan event yang sama. Saat itu dana sharing dari daerah peserta Porprov mencapai Rp 3.331.395.000. Biaya tersebut meliputi akomodasi, penginapan, dan makan atlet serta official yang ditanggung bersama antara KONI NTB dan kabupaten/kota.

‘’Dan dari dana bantuan kabupaten/kota (temuan) sebesar Rp 67.898.500 dalam proses pengembalian ke kabupaten /kota,’’ jelas Ibnu Salim.

Sementara Ketua KONI NTB, Andy Hadianto membenarkan ada temuan Inspektorat tersebut. Namun nilai total dan rincian tidak diingatnya. ‘’Memang ada beberapa kekeliruan administrasi dan sudah dikembalikan ke kas daerah,’’ jawabnya melalui pesan instan. (R-04)



0Shares