HEADLINESUMBAWA

Tingkatkan Kapasitas OPD, Diskominfo KSB Gelar Pelatihan Jurnalistik

Realitaspost, Sumbawa Barat — Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar pelatihan jurnalistik bagi para staf media Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat untuk meningkatkan kapasitas jurnalistiknya.

Acara yang digelar di Aula Pertemuan Dinas Kominfo, Kamis pagi (10/10), turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kominfo, Ahmad Zaini, S.T.,MT, Ketua FKWKT selaku pemateri 1, Andy Saputra, Pemateri 2 dari dinas kominfo, Feryal Mukmin, Kepala Seksi Komunikasi, Lalu teguh sekardiu A, S.AP, dan para peserta pelatihan dari masing-masing OPD Sumbawa Barat.

Kepala Seksi Komunikasi, Lalu teguh sekardiu A, S.AP, saat pembukaan acara mengatakan bahwa tujuan acara yang di selenggarakan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas para staf media Organisasi Perangkat Daerah KSB dalam memberikan laporan jurnalistiknya secara baik dan benar.

“Melalalui pelatihan ini diharpakan Staf OPD mampu memberikan kontribusi, informasi yang akurat terkait dalam pencapaian dan program kegiatan di masing-masing Pemerintah Daerah yang akan di sampaikan kepada publik menggunakan metode jurnalistik yang baik dan benar,” ujar Lalu teguh sekardiu A, S.AP.

Sementara, Sekretaris Dinas Kominfo KSB, Ahmad Zaini, S.T.,MT, dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini juga akan menambah pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan tuntutan profesionalisme dalam bidang jurnalistik. Mulai dari tehnik penulisan, pengambilan gambar, serta tehnik wawancara dengan tetap memperhatikan aktualitas dan kelayakan berita.

“Diharapkan melalui pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan admin dan operator sebagai kontributor berita dan informasi serta data publik sehingga menjadi satu kesatuan informasi pembangunan daerah yang akan di sajikan secara baik dan benar,”ungkapnya.

Ketua Forum Komunikasi Wartawan Kemutar Telu (FKWKT) Sumbawa Barat, Andy Saputra, selaku pemateri 1 memaparkan sebuah berita yang objektif harus didukung oleh fakta dan data yang kuat serta akurat.

Lebih terperinci Andy mengatakan, terkait dengan Dasar Dasar Jurnalisme, Kode Etik Jurnalis (KEJ), cara meliput berita serta penulisan berita yang baik dan benar sesuai dengan fakta dan data yang akurat.

“Menulis berita merupakan suatu upaya untuk bercerita, menerangkan, atau menyampaikan informasi suatu peristiwa dalam bentuk tertulis. Dalam menulis teks berita, informasi yang ditulis merupakan fakta bukan opini. Selain itu teks berita disusun prinsip 5W + 1H (What, Where, When, Who, Why, How),” ujar Andy.

Sambungnya, Pelatihan jurnalistik ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatakan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dalam pengenalan dunia pers yang begitu berkembang dengan kecepatan yang luar biasa.

Sementara, Feryal Mukmin selaku pemateri 2 dari Diskominfo KSB menjelaskan bagaimana cara pembuatan judul berita yang baik, benar dan dapat menarik minat pembaca, karena fungsi judul berita antara lain untuk menarik perhatian pembaca, menyimpulkan isi berita, dan melukiskan mood berita.

“Keterampilan yang diperlukan dalam menulis judul berita antara lain persepsi yang tepat mengenai berita, penggunaan kata yang luas dan dalam, dan pemahaman tajam tentang struktur kalimat, judul berita berperan penting untuk menggiring pembaca agar menelusuri isi berita,” pungkasnya.

Acara Pelatihan Jurnalistik di Aula Pertemuan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sumbawa Barat yang digelar selama dua jam itu berlangsung kondusif dan diakhir acara dirangkaikan dengan foto bersama. (RLS01).

0Shares

Comment here