SUMBAWA

Tingkatkan kesehatan masyarakat, Dikes KSB Lakukan Revitalisasi Posyandu

Realitaspost, Sumbawa Barat — Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat giat laksanakan revitalisasi guna meningkatkan fungsi dan kinerja Posyandu didelapan Kecamatan yang tersebar di tanah pariri lema bariri.

Seperti yang kita ketahui, Revitalisasi Posyandu merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat untuk mewujudkan misi NTB Sehat Cerdas sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah NTB Tahun 2019-2023.

“Prihal tersebut, Revitalisasi Posyandu dijadikan attensi oleh Dinas Kesehatan KSB dan mengajak seluruh kader terkait untuk berkolaborasi dan bergotong-royong bersama menyelesaikan permasalahan kesehatan di KSB,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, H. Tuwuh saat ditemui media Realitaspost diruangan kerjanya, Jum’at pagi (11/10).

Dalam hal ini upaya yang ditempuh Dinas Kesehatan yaitu menyelesaikan permasalahan kesehatan ini dari hulu, dan mengajak kader kesehatan untuk menjadikan posyandu sebagai garda terdepan dalam melaksanakan proteksi segala macam permasalahan kesehatan dimasyarakat.

“kita harus memiliki data kesehatan mulai dari lingkungan dusun agar data kesehatan masyarakat yang kita dapatkan bisa akurat by name by adress, hal inilah yang akan kita lakukan dalam revitalisasi posyandu ini,” ujar orang yang menjadi nomor 1 di Dikes tersebut.

Sambungnya, posyandu tidak hanya dipergunakan untuk memantau kesehatan ibu hamil dan anak-anak, namun posyandu juga bisa dipergunakan sebagai sarana penyuluhan berbagai permasalahan kesehatan masyarakat dengan peralatan dan kader kesehatan yang memadai dalam melaksanakan penyuluhan tersebut.

“Kedepannya, fungsi posyandu bukan hanya menjadi pemantau kesehatan, tapi posyandu juga dapat menjadi sarana penyuluhan tentang segala macam permasalahan kesehatan didesa tersebut dengan mendatangkan kader kesehatan yang profesional,”Ungakap H. Tuwuh.

H. Tuwuh juga menegaskan bahwa pihak desa dan kader kesehatan desa harus berperan aktif dalam revitalisasi posyandu, karena dalam hal penganggaran dan peningkatan kemampuan kader posyandu akan disertifikasi agar tidak sembarangan digonta-ganti. (RLS01).

0Shares

Comment here